Minggu, 20 Desember 2015

Waspadai, Hidung Tersumbat Dapat Mengindikasi Adanya Penyakit

Waspadai, Hidung Tersumbat Dapat Mengindikasi Adanya Penyakit -, Anda mengalami pilek hingga hidung tersumbat yang tak kunjung sembuh? Disertai dengan suara bengek dan sakit kepala? Jangan anggap sepele ! Biasa jadi hal tersebut merupakan indikasi dari sedang terjadinya suatu masalah pada tubuh Anda. 

Cara Mengobati Penyakit Polip
Hidung tersumbat memang sangat umum terjadi di kalangan masyarakat, terlebih apabila kondisi cuasa sedang tidak mendukung pasti banyak yang terserang pilek dan akhirnya mengakibatkan hidung menjadi tersumbat. Namun apa jadinya jika hidung tersumbat yang dialami tak sembuh-sembuh dan berlangsung lama? Hidung tersumbat yang terus menerus, dalam waktu lebih dari 7 hari, tidak tergantung dari kondisi lingkungan, posisi tubuh, waktu, maka dapat dicurigai penyebabnya berupa kelainan pada rongga hidung yang mungkin Anda alami

Waspadai, Hidung Tersumbat Dapat Mengindikasi Adanya Penyakit


Hidung tersumbat dapat disebabkan oleh beberapa faktor, dan berikut ini adalah beberapa faktor penyebab terjadinya hidung tersumbat yang terus-meneru, diantaranya : 
  • Tumor
    Bermacam jenis tumor dapat menyebabkan keluhan hidung tersumbat. Baik tumor yang bersal dari hidung maupun nasofaring. Hal ini terjadi karena aliran udara yan masuk melalui hidung terhambat oleh masa tumor. Di Indonesia angka keganasan nasofaring menempati posisi tumor tertinggi yang menyebabkan gejala sumbatan hidung, disamping tumor pada rongga hidung sendiri. Penegakkan diagnosis tumor ini sendiri harus dilakukan secara cermat dan bertahap dengan berbagai modalitas pemeriksaan penunjang. Keterlambatan diagnosis karena banyak pasien yang datang ketika penyakit sudah mencapai stadium lanjut, karena menyepelekan keluhan hidung tersumbat sebagai "pilek biasa". Semakin awal ditegakkan diagnosis tumor maka angka harapan hidup dan kesembuhan semakin tinggi.
  • Alergi
    Pada hidung tersumbat karena alergi, biasanya penderita mengalami gejala bersin-bersin, gatal, ingus yang encer dan jernih, dan hidung tersumbat. Jenis rinitis ini juga biasanya dicetuskan oleh suatu kondisi setelah terpapar suatu zat yang membuat alergi.
  • Infeksi
    Pada hidung tersumbat yang disebabkan oleh infeksi, ada 2 jenis mikroorganisme yang biasa menyerang, yaitu virus dan bakteri. Pada rinitis yang disebabkan oleh virus, biasanya gejala meler dan hidung tersumbat juga disertai nyeri kepala, badan pegal-pegal, dan batuk. Sementara rinitis yang disebabkan oleh bakteri biasanya disertai ingus yang berwarna kuning kehijauan.
  • Sinusitis
    Sinusitis merupakan radang yang terjadi pada rongga sinus. Radang sinus biasanya didahului oleh infeksi di daerah saluran pernapasan atas. Gejala yang paling dominan dirasakan berupa nyeri kepala dan nyeri di daerah wajah dan gigi, ingus berwarna kuning kehijauan, hidung tersumbat atau sensasi wajah terasa penuh, dan napas berbau.
  • Rinitis vasomotor
    Adalah jenis peradangan mukosa hidung yang dicetus oleh perubahan suhu, stres, maupun konsumsi alkohol sehingga mengakibatkan gejala dominan hidung tersumbat, keluar ingus jernih dan bersin.
  • Polip hidung
    Merupakan tumor jinak yang tumbuh di hidung, merupakan jaringan lunak, permukaannya licin, warna putih mengkilat dan bertangkai berasal dari sinus.Polip hidung dapat diakibatkan oleh rinitis yang berlangsung lama tanpa diobati, sehingga mengalami perubahan anatomi hidung. Biasanya orang dengan keluhan hidung tersumbat yang terus menerus, disertai ingus bening hingga kental kehijauan, lebih dari 12 minggu kadang disertai gejala alergi seperti bersin-bersin, mata gatal dan keluhan tidak hilang dengan obat-obatan biasa sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter. 
Maka dari itu, jangan sekali-kali Anda sepelekan hidung tersumbat walaupun gejala seperti ini merupakan hal yang ringan. Namun jika dibiarkan tentu akan berdampak lebih serius lagi dan bisa berakibat fatal. Oleh sebab itu, penanganan sejak dini pun perlu diperhatikan agar dapat menghindari kemungkinan terburuk yang dapat terjadi.


Waspadai, Hidung Tersumbat Dapat Mengindikasi Adanya Penyakit

1 komentar: